Jumat, 27 Maret 2015

Makalah Iman Kepada Hari Akhir



BAB I
PENDAHULUAN


1.1.Latar Belakang
Orang muslim meyakini Dunia mempunyai saat terakhir dimana dia terhenti adanya, dan mempunyai hari lain yang tidak mempunyai penghabisan, kemudian datanglah kehidupan kedua, yaitu hari lain dinegeri akhirat. pada hari tersebut, Alloh swt membangkitkan semua makhluk, mengumpulkan mereka semua kepadanya untuk dihisab, orang-orang baik dibalas dengan kenikmatan abadi di Surga, dan orang jahat dibalas dengan siksa yang menghinakan di Neraka. Itulah interprentasi yang harus kita yakini.

1.2.Rumusan Masalah
1.      Membahas pengertian hari akhir
2.      Fungsi iman kepada hari akhir
3.      Balasan baik dan buruk
4.      Pengertian Akhlaq kepada diri sendiri

 












BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Iman Kepada Hari Akhir
Iman , pengertian Iman menurut bahasa adalah “percaya/meyakini”.  Sedangkan Hari Akhir adalah dimana seluruh alam semesta akan hancur, dan ketentuan itu  sudah dirumuskan oleh alloh SWT. Jadi beriman kepada Hari Akhir adalah meyakini dan mempercayai bahwasanya hari akhir pasti akan tiba yang sesuai dengan keterangan-keterangan Alloh melalui firman-firmanya dalam Al-quran.
Beriman kepada hari akhir termasuk salah satu rukun iman yang ke enam, kita wajib beriman pada suatu saat Alloh akan menentukan hari kiamat atau hari akhir, yakni hancurnya alam semesta tanpa ada yang ketingalan sedikitpun, sebagai awal adanya alam akhirat. Sesutu yang telah dijanjikan oleh Alloh pasti adanya firman Alloh dalam surat Al-Hajj ayat 7. Yang artinya : ( Dan sesungguhnya hari kiamat pasti akan datangnya dan bahwsanya Alloh membangkitkan semua orang didalam kubur).
a.      tanda-tanda hari kiamat dalah :
1.       Terbitnya matahai dari arah barat
2.       Keluarnya semacam binatang melata
3.       Turunya imam mahdi yang akan menegakan syariat islam di muka bumi
4.       Datangnya Dajjal, yakni mahkluk yang menghancurkan serta mmporak porandakan orang-oang yang beragama dan kebenaran agama. ia benar-benar tergolong sakti,
5.       Turunya Nabi Isa as, untuk membinasakan Dajjal dan menegakan kembali syariat islam yang telah dibawa oleh Rosul saw.
b.      Dalam Al-quran, hari kebangkitan kadang-kadang disebut, antara lain:
a.        Yaumul Qiamah (Hari Kiamat).
b.       Yaumuddin (Hari Pembalasan).
c.        Yaumul Hisab (Hari Pehitungan).
d.       Yaumu Zilzalah (Hari Kegoncanagan).
e.        Yaumu Nusyur (Hari dihalau/kebangkitan).
f.        Yaumul Ba’tsi (Hari Pembangkitan).
g.       Yaumul Jaza’ (Hari Balasan).
h.       Yaumul Fashal (Hari keputusan).
i.         Yaumul Khuld (Hari Kekal).
j.         Yaumul Wa’id (Hari Ancaman).
k.       Yaumul Hasarah (Hari Penyesalan).
c.       Peristiwa Sesudah Hari Kiamat
a.      Masyar dan Hisab
Setelah kematian manusia, nanti akan dibangkitkan kembali tiupan sangkakala. Masyar adalah tempat berkumpulnya manusia yang dibangkitkan dari kubur  untuk berhenti dan menerima hisab (hitungan) amal baik atau buruk ketika hidup didunia. Ditempat itulah manusia akan betul-betul menerima keputusan yang  pasti . \
b.      Shirot
Shirot adalah jembatan yang terletak diatas neraka menuju surga, dan semua orang yang akan melalui nya. Suatu riwayat menerangkan bahwa shirot itu panjang sekali jaraknya, tajamnya tutjuh kali lipat dari pisau yang paling tajam, sekecil-kecilnya rambut dibelah menjadi tujuh, dan di setiap pos terdapat sebuah hambatan yang hendak menarik ke neraka bagi orang yang berdosa.

c.       Surga dan Neraka
Surga adalah suatu tempat yang penuh dengan kesenangan dan kesenangan didalamnya, membahagiakan dan mensejahterakan , segala yang diminta secepatnya akan terwujud yang selamanya tidak pernah mengecewakan , dan barang siapa yang ada didalam nya akan kekal disana

d.        Fungsi Iman Kepada Hari Akhir
b.      Fungsi Iman Kepada Hari Akhir
a.           Mendorong kepada setiap orang muslim dalam hidup sehari-hari untuk selalu memperbanyak amal kebajikan dan menjauhi segala perbuatan yang jelek.
b.          Mendorong kepada setiap orang muslim agar suka membelanjakan hartanya kearah kebaikan dan menghindari sifat kikir, bakhil, tamak, dan rakus.
c.           Di dalam hidup di dunia tidak akan tenggelam dalam kemegahan dan tidak iri terhadap kebahagiaan orang lain.
d.          Menentramkan hati terutama bagi orang  yang mendapat perlakuan yang kurang adil atau sewenang-wenang.
e.           Menambah kesabaran dalam menghadapi berbagai macam cobaan, karena di akhirat semua orang akan menerima balasan yang seadil-adilnya.

2.2.Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri
a.      BERILMU
Berilmu artinya pandai atau tidak bodoh, cerdas atau pintar. Berilmu adalah sikap perilaku yang didasarkan pada ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Orang yang berilmu adalah orang yang memiliki ilmu pengetahuan, dan mau menggunakan akal sehatnya untuk berpikir. Ilmu merupakan pintu gerbang yang menghantarkan seseorang meraih kesuksesan dan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

b.      KERJA KERAS
Kerja keras artinya melakukan suatu usaha atau pekerjaan secara terus menerus tanpa mengenal lelah. Pengertian lain kerja keras adalah suatu tindakan atau perbuatan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan serius sampai tercapai suatu tujuan.
Pepatah arab mengatakan:
مَنْ جَدَّ وَجَدَ وَمَنْ حَرَكَ وَصَلَ
“Barangsiapa yang sungguh-sungguh (kerja keras), niscaya akan berhasil, dan barangsiapa yang bergerak (berjalan), niscaya akan sampai”
c.       KREATIF
Kreatif artinya sikap terampil dan cekatan yang membuat seseorang tidak mau berpangku tangan atau bermalas-malasan. Seorang yang kreatif selalu berusaha dan bekerja untuk mendapatkan sesuatu yang bermanfaat, baik bagi dirinya maupun bagi orang lain

c.       PRODUKTIF
Produktif dapat diartikan sebagai sikap ingin terus berkarya atau menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, baik bagi dirinya maupun bagi orang lain. Bagi orang yang memiliki perialku produktif, tidak ada kata berhenti atau menganggur. Sebab sesungguhnya banyak hal yang dapat dikerjakan dan akan mendatangkan manfaat bagi kehidupannya, asalkan dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.
قَالَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :خَيْرُالنَّاِس اَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ (رواه احمد)
“Rasulullah saw. Bersabda, “sebaik-baik manusia adalah orang yang memberikan manfaat bagi orang lain (H.R.Ahmad)
1.      Bentuk dan Contoh Produktif
1)   Semangat kerja keras
2)   Pandai menggunakan waktu dan kesempatan
3)   Berjiwa pengabdi
4)   Berazaz manfaat








BAB III
                                                       PENUTUP           

3.1. Kesimpulan
a.       Iman kepada Hari Akhir adalah meyakini dan mempercayai bahwasanya hari akhir pasti akan tiba yang sesuai dengan keterangan-keterangan Alloh melalui firman-firmanya dalam Al-quran.
b.      Tanda-tanda hari akhir:
-         Matahari terbit dari arah barat
-         Turunya Imam Mahdi
-         Datangnya Dajjal
-         Turunya Nabi Isa AS
Akhlak terpuji dilahirkan dari sifat-sifat yang terpuji pula. diantara akhlak terpuji terhadap diri sendiri yaitu, tawakal, ikhtiar, sabar, syukur, dan qana’ah.
Akhlak terpuji ini merupakan hal yang sangat urgen, sehingga sangat penting untuk dipelajari. Dengan harapan nantinya para siswa dapat menerapkannya dalam setiap kegiatan sehari-hari. Agar mampu mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran di setiap lingkup kehidupan ini.

3.2.Saran
Hanya satu saran yaitu kita harus selalu ingat (beriman) kepada Allah karena kita tidak akan tahu kapan akan terjadi kiamat, entah itu kiamat sugra (kematian) ataupun kiamat kubra (kiamat)







Daftar Pustaka
ABU BAKAR JABIR Al-JAZAIRI,Ensiklopedia muslim minhajul muslim, Islam kaffah.2003
Drs.H. Mahmud Suyuti, Pendidikan agama islam, sahabat ilmu, kurikulum 1994





















KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan YME yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah tentang “iman kepada hari akhir” dengan baik dan lancar.
Saya menyadari dalam pembuatan tugas ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat saya harapan. Sehingga tugas yang sederhana ini dapat menjadi bahan bacaan yang bermanfaat demi peningkatan mutu pendidikan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya.

Ketahun, Oktober 2014


ii
 
Penyusun









DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ..............................................................................................   i
KATA PENGANTAR............................................................................................   ii
DAFTAR ISI............................................................................................................   iii

BAB I Pendahuluan
1.1.Latar Belakang................................................................................................ 1
1.2.Rumusan Masalah ..........................................................................................   1
1.3. Tujuan Penulisan.............................................................................................   1
1.4.Manfaat Penulisan ............................................................................................   1

BAB II PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Iman Kepada Hari Akhir ............................................................    2
a.         Tanda-tanda hari kiamat............................................................................    2
b.        Hari kebangkitan dalam Al Quran ............................................................    2
c.         Peristiwa Sesudah hari kiamat...................................................................    3
d.        Fungsi Beriman kepada hari kiamat .........................................................    3

2.2.Akhlak terpuji kepada diri sendiri .....................................................................    4
a.       Berilmu ........................................................................................................    4
b.      Kerja Keras...................................................................................................    4
c.       Kreatif..........................................................................................................    4
d.      Produktif......................................................................................................    5
BAB IV Penutup
3.1. Kesimpulan.................................................................................................. 6
3.2. Saran............................................................................................................ 6

DAFTAR ISI ...........................................................................................................  7



iii
 
 














Tidak ada komentar:

Posting Komentar